Senin, 08 Maret 2010

WARNA PADA LOGAM..........

Pernah ga kalian perhatiin warna-warna logam yang ada di dunia ini? Kalo kalian sedikit lebih teliti, dari semua warna logam tersebut sebagian besar berwarna abu-abu.
Tapi............
Ko’ warna logam Tembaga dan Emas warnanya berbeda ya....????
Ini lho alasannya.........
Saat cahaya mengenai permukaan logam, maka elektron dalam atom akan menyerap energi. Elektron tersebut berpindah ke orbital dengan tingkat energi yang lebih tinggi (tereksitasi), Sehingga terdapat elektron negatif pada tingkat energi yang lebih tinggi dan positif pada tingkat energi yang lebih rendah. Sementara itu logam merupakan penghantar listrik yang baik arus listrik diinduksi pada permukaan sampai pada pasangan orbital kosong. Adanya arus ini menyebabkan logam berwarna, ketika elektron jatuh kembali ke tingkat energi semula dan memancarkan cahaya. Jika semua warna diserap dan dipancarkan dalam jumlah yang sama maka warna yang terjadi adalah warna metalik mengkilat, sedangkan untuk logam yang lain kemungkinan untuk menyerap dan memancarkan warna yang bervariasi bergantung pada tingkat energi elektron. Terjadinya warna kuning keemasan pada emas(Au) dan merah pada tembag(Cu) karena adanya kekurang efisienan dalam penyerapan dan pemancaran warna cahaya biru pada spektrum logam tersebut. Sedangkan warna komplemen dari biru adalah orange yang berasal dari gabungan warna kuning dan merah. Tembaga memiliki elektron terluar pada orbital 3d sedangkan emas 5d maka apabila terjadi pancaran energi maka emas akan akan memancarkan energi yang lebih tinggi dan karena dalam hal ini yan dipancarkan adalah jingga (warna cahaya biru diserap) maka emas akan memancarkan warna kuning dengan energi yang lebih tinggi dan tembaga akan memancarkan warna merah.

EMAS(Au)......
Emas(Au) termasuk ke dalam logam peralihan (trivalen dan univalen) dan stabil. Logam ini berwarna kuning mengkilap tetapi juga dapat berwarna seperti delima atau hitam apabila di bagi dengan halus. Emas, Au, bernomor atom 79. Susunan elektron terluar dari emas adalah 4f14 5d10 6s1 (konfigurasi elektronnya [Xe] 4f14 5d10 6s1). Kemampuan menyerap cahaya pada panjang gelombang untuk menghasilkan warna emas yang khas terjadi karena transisi ikatan d yang melepaskan posisi di ikatan konduksi.
Emas berwarna terdiri dari campuran aloi emas dengan kandungan emas 8 hingga 22 karat (33.3% - 91.6%) juga terdapat berbagai warna dari hijau (tonase warna hijau-kekuningan), kuning pucat, kuning, kuning pekat, merah jambu, dan merah. Terdapat juga emas putih dan warna paling luar biasa untuk emas yaitu warna ungu. Kesemuanya mempunyai ciri-ciri mekanikal dan fisikal yang berlainan seperti kekuatan, kekerasan, daya tempa(ductility),campuran aloi, dan nilai. Sebagian aloi emas juga bisa meningkatkan kekuatan dan kekerasan.


TEMBAGA(Cu)......

Cu merupakan logam mulur yang mempunyai sifat konduktifitas yang sangat baik. Warna logam ini adalah kemerahan. Ciri warna yang dimilikinya disebabkan oleh struktur jalurnya, yakni memantulkan cahaya merah dan jingga dan menyerap frekuensi-frekuensi lain dalam spektrum tampak.
Tembaga(Cu) bernomor atom 29. Susunan elektron terluar dari tembaga adalah 3d10 4s1 (konfigurasi elektronnya [Ar]3d10 4s1).
Jika orbital-d dari sebuah kompleks (senyawa koordinasi) berpisah menjadi dua kelompok, maka ketika molekul tersebut menyerap foton dari cahaya tampak, satu atau lebih elektron yang berada dalam orbital tersebut akan meloncat dari orbital-d yang berenergi lebih rendah ke orbital-d yang berenergi lebih tinggi, menghasilkan keadaan atom yang tereksitasi. Perbedaan energi antara atom yang berada dalam keadaan dasar dengan yang berada dalam keadaan tereksitasi sama dengan energi foton yang diserap dan berbanding terbalik dengan gelombang cahaya. Karena hanya gelombang-gelombang cahaya (ë) tertentu saja yang dapat diserap (gelombang yang memiliki energi sama dengan energi eksitasi), maka senyawa-senyawa tersebut akan memperlihatkan warna komplementer (gelombang cahaya yang tidak terserap).
Itulah kenapa Emas (Au) dan Tembaga (Cu) warnanya berbeda dengan warna logam lain. Tembaga juga biasa dicampur dengan Emas, untuk perhiasan-perhiasan yang kita pakai.
Semoga bermanfaat...........................
Referensi:
www.wapedia.mobi/ms/Emas
http://alkalatani.blogspot.com/2009/10/warna-logam_13.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar